Idih!! Ini Dampak Buruk Dapur Kotor bagi Kesehatan

Dapur kotor

Mempunyai dapur yang bersih dan terawat  adalah impian semua orang. Dapur yang bersih tentu akan membawa banyak manfaat bagi kita terutama dalam proses memasak. Kegiatan seringkali membuat dapur kotor dan berminyak, dan itu bisa memberi dampak buruk untuk kesehatan. Maka dari itu menjaga kebersihan dapur adalah langkah yang baik untuk menjaga proses memasak tetap higienis sehingga makanan yang akan kita sajikan pun tidak akan terkontaminasi bakteri yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. 

Selain itu bagi kamu yang sedang menggeluti bisnis F&B, kalo seandainya dapur kamu kotor tentu akan memberikan kesan yang tidak bagus dan dapat mengurangi tingkat kepercayaan pelanggan kamu lho!

Dampak buruk yang diakibatkan oleh dapur kotor ini tidak berhenti sampai disitu saja! 

Dampak Buruk Dari Dapur Kotor

Sumber Penyakit Diare

Peralatan masak yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang munculnya bakteri seperti E.coli, Salmonella, dan listeria. Ketiga bakteri tersebut menjadi pemain utama nih yang bakal menyebabkan diare, mual, dan muntah-muntah. Kalo peralatan memasak kamu jarang dibersihkan maka siap-siap saja bakteri ini akan menyebar dengan cepat.

Penyebab Keracunan

Penting banget bagi kita untuk tahu tanggal kadaluarsa dari setiap bahan makanan yang kita beli. Karena kalau tidak rutin kita periksa bahan makanan kadaluarsa yang masih di simpan di tempat penyimpanan seperti kulkas akan menjadi tempat berkembangnya bakteri seperti clamplymobacter, dan salmonella, dan dapat mengotori makanan lain yang masih fresh. Kebayang ga sih kalo seandainya kita menyimpan makanan kadaluarsa terus dikonsumsi, tubuh kita akan mengalami keracunan dan infeksi serius.

Menjadi sarang tikus

Dapur yang jarang dibersihkan dapat menjadi dapat menjadi sarang tikus, karena tikus senang dengan tempat yang kotor. Maka dari itu kamu harus rutin menjaga kebersihan dapur kamu. 

Menjadi sumber penyakit berbahaya

white ceramic mug on white table beside black eyeglasses

* Demam berdarah 

Area yang dibiarkan lembab di dalam dapur seperti wastafel rentan menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Anda harus rutin membersihkan wastafel setiap selesai proses memasak, jangan sampai ada sampah makanan yang tersisa di wastafel.

* Tifus

Demam tifoid adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada rumah yang kotor. Penyakit ini bisa muncul akibat dapur yang kotor dan juga sanitasi yang buruk. Gejala demam tifoid antara lain hilangnya nafsu makan, sakit kepala, sakit perut, dan lain-lain.

* Hepatitis A

Dapur yang kotor dapat memberikan peluang yang tinggi bagi kuman untuk berkembang melalui lalat. Kemudian kuman yang dibawa ini akan mudah ditularkan secara langsung dari satu orang ke orang yang lain, atau secara tidak langsung melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri. Beberapa gejala yang akan timbul jika seseorang terinfeksi penyakit ini, yaitu demam, mual, dan kram perut. Penyakit ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari tahap ringan sampai penyakit serius.

Begitulah sekiranya dampak dari dapur yang tidak dijaga kebersihannya. Makanya yuk mulai rutin membersihkan dapur kamu agar kebersihan dapur tetap terjaga dan kamu dapat memulai proses memasak dengan nyaman dan aman.