Salad buah

10 Ide Bisnis Makanan yang Menjanjikan untuk Pemula

Ide Bisnis Makanan yang Menjanjikan

Banyak orang bingung menentukan jenis produk makanan apa yang paling laris saat ini. Sebenarnya, kuncinya bukan hanya jenis produk, tapi juga kualitas dan strategi pemasarannya. Tapi jika ingin mencari rekomendasi, coba pilih salah satu dari 10 jenis usaha kuliner paling laku berikut.

1. Frozen Food

Penasaran dengan makanan apa yg paling laku dijual? Maka salah satu jawabannya adalah makanan beku alias frozen food. Jenis makanan ini sangatlah praktis dan memiliki umur simpan yang lumayan panjang, sehingga banyak orang membutuhkannya untuk persediaan di rumah.

2. Keripik

Ide bisnis makanan yang menjanjikan berikutnya yaitu olahan keripik. Makanan ringan yang satu ini telah menjadi camilan populer yang disukai banyak orang. Kamu pun memiliki banyak pilihan untuk membuat jenis keripik apa. Mulai dari keripik tempe, tahu, pisang, singkong, talas, hingga buah apel.

Kamu juga bisa berinovasi lewat topping dan pilihan rasa keripik. Atau yang populer sekarang adalah dengan menyediakan tingkat kepedasan bumbu keripik dari level ringan hingga ekstra pedas. Sehingga banyak orang penasaran mencoba semua levelnya, terutama pecinta makanan pedas.

3. Olahan Mie

Olahan mie juga termasuk produk makanan favorit di Indonesia. Untuk makanan ringan, Kamu bisa menjual aneka olahan mie seperti mie lidi atau mie kremes dengan paduan bumbu lezat. kamu juga berinovasi dari segi tingkat kepedasan atau campuran bahan lain, seperti keju, aroma BBQ, dll.

Atau jika ingin mengolahnya sebagai makanan berat, kamu bisa menjual mie ayam, bakmi goreng, dll. Jangan lupa juga untuk mempunyai inovasi spesial yang menjadikan pelanggan lebih tertarik membeli olahan mie yang kamu buat. Misalnya, dari segi pilihan topping hingga kemasan.

4. Gorengan  

Salah satu ide bisnis makanan dengan modal kecil dan cocok untuk pemula adalah gorengan. Jenis makanan ini memiliki banyak peminat di Indonesia. Terbukti dari banyaknya angkringan atau stand penjual gorengan yang ada di pinggir-pinggir jalan di berbagai kota.

5. Jajan Khas Korea 

Jika ingin fokus membuka usaha makanan kekinian, Anda bisa menjual berbagai jajanan khas Korea yang saat ini hits. Mulai dari gimbab, croffle, bulgoji, odeng, tteokbokki, dll. Berbagai makanan tersebut kini menjadi salah satu ide bisnis kuliner online yang menjanjikan di Indonesia.

6. Salad Buah

Jika ingin membuka usaha makanan yang lebih sehat, maka kuliner dengan bahan utama buah-buahan adalah solusinya. Salah satu contohnya adalah berbisnis salad buah. kamu bisa berinovasi dari segi pilihan buah yang lebih banyak, pilihan topping yang beragam, serta pengemasan menarik.

7. Donat

Donat juga menjadi salah satu jenis makanan ringan paling laris saat ini. Apalagi jika donat yang Anda jual memiliki inovasi baru yang berbeda dari kebanyakan donat pada umumnya. Mulai dari pilihan topping yang lebih beragam serta tekstur dan kualitas rasa adonannya yang lebih lezat.

8. Rice Bowl

Ide bisnis makanan yang menjanjikan berikutnya adalah dengan menjual olahan nasi dalam mangkuk alias rice bowl. Kini popularitas rice bowl semakin meningkat dan banyak kafe-kafe kekinian yang menjualnya. kamu juga bisa menjualnya di rumah secara online, lo.

Selain menyediakan olahan nasi yang lezat dan menarik, kamu juga perlu berinovasi dari segi kemasan mangkuknya. Sehingga produk yang kamu jual terlihat unik dan berbeda dari lainnya. Konsumen pun tak akan segan-segan untuk merekomendasikannya kepada teman-temannya

9. Kue Basah 

Keberadaan kue basah juga masih menjadi incaran banyak orang, baik untuk sekadar camilan atau kudapan acara-acara penting. Tentu hal ini bisa menjadi peluang bisnis makanan yang menjanjikan. Apalagi jika kamu telaten membuat aneka olahan kue basah nan lezat.

Tapi karena makanan ini tidak bisa bertahan lama, lebih baik kamu menjualnya secara pre-order. Jadi, Anda hanya akan membuatnya ketika ada pesanan. Nantinya, kamu bisa membuka pemesanan secara online dan tawarkan juga ke beberapa kenalan dan teman dekat.

10. Kue Kering 

Jika kamu takut dengan risiko makanan basi dengan menjual enek kue basah, maka Anda bisa mencoba usaha kue kering. Jenis makanan ini juga memiliki banyak peminat dan menjadi salah satu kuliner anak muda di berbagai kesempatan. Baik sekadar camilan, oleh-oleh, hingga souvenir.

Permintaan kue kering juga meningkat ketika ada momen perayaan penting, seperti lebaran, natal, atau tahun baru imlek. Tentu kamu bisa memanfaatkannya untuk promosi dan menawarkan kue kering buatan kamu dengan harga spesial.

Ada banyak ide bisnis makanan yang menjanjikan saat ini. kamu tinggal memilih salah satu dan menekuninya hingga sukses. Jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas produk dan memperluas jangkauan pemasaran melalui berbagai saluran. Mulai dari pemasaran offline maupun online.