Pengawet Makanan yang Aman untuk Kesehatan

Hampir semua produk makanan kemasan tidak terlepas dari penggunaan bahan pengawet. Jenis pengawet makanan ini sendiri ada dua macam, yaitu pengawet alami dan kimia. Lantas, apa saja pengawet makanan yang aman untuk kesehatan?

Menambahkan bahan pengawet pada makanan merupakan hal lumrah. Namun, masih banyak orang yang khawatir akan efek dari pengawet makanan yang mereka konsumsi. Khususnya jika makanan tersebut menggunakan bahan pengawet kimia.

Sebenarnya, apa itu bahan pengawet makanan? Bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengawetkan makanan?

Bahan pengawet makanan merupakan zat aditif yang berguna untuk memperpanjang masa layak konsumsi suatu produk atau makanan. Penambahan zat aditif ini berguna untuk meningkatkan mutu tampilan, rasa, dan juga tekstur, agar tidak mudah busuk.

Saat ini cukup banyak bahan yang diperbolehkan untuk pengawetan makanan. Mulai dari bahan alami seperti garam atau gula, hingga bahan kimia seperti Asam Benzoat, Rhodium, dll.

Lalu, jenis pengawetan apa yang paling aman bagi kesehatan? Jika ingin aman dari efek jangka panjang pengawet makanan, sebaiknya pilih makanan yang menggunakan bahan pengawet alami. Karena cara pengawetan ini tergolong aman dan minim efek samping.

Sebaliknya, bahan pengawet kimia cenderung lebih berbahaya dalam jangka panjang. Namun memiliki cara penggunaan yang lebih mudah dan praktis. Tapi, Anda tak perlu khawatir. Karena masih ada bahan pengawet kimia yang aman untuk tubuh.

Jenis Pengawet Makanan yang Aman  

Salah satu indikator bahan pengawet aman atau tidak yaitu mencari daftar pengawet yang diizinkan BPOM. Sebagai badan yang berwenang mengatur distribusi bahan pangan, BPOM hanya mengijinkan penggunaan bahan pengawet yang aman dan melarang pengawet berbahaya.

Lantas, apa saja bahan pengawet makanan yang aman untuk konsumsi sehari-hari? Simak daftarnya berikut ini, baik dari jenis pengawet alami maupun buatan.

1. Pengawet Alami

Proses pengawetan makanan adalah salah satu teknologi dalam bidang pangan paling tua. Dulu, proses pengawetan terjadi melalui beberapa proses, seperti pengeringan, pendinginan, pemasakan, atau pembekuan dengan mencampurkan bahan alami.

Beberapa bahan pengawet alami agar makanan bisa bertahan lebih lama di antaranya:

  • Gula
  • Garam
  • Bawang
  • Jus Lemon
  • Cuka
  • Cabai
  • Rosemary

2. Pengawet Sintetis

Pengawet sintetis atau pengawet buatan adalah pengawet yang sengaja dibuat oleh manusia untuk membantu makanan lebih awet. Bahan ini juga efektif mencegah pembusukan akibat tumbuhnya mikroorganisme pada makanan.

Cara menggunakan pengawet kimia ini harus mengikuti aturan BPOM yang tertulis dalam peraturan BPOM No.36 Tahun 2013. Peraturan itu secara khusus meregulasi tentang jenis-jenis pengawet buatan yang aman. Berikut beberapa jenis pengawet buatan yang aman:

a. Asam Sorbat

Asam Sorbat ini adah bahan pengawet yang secara alami bisa Anda temukan di dalam buah-buahan. Bahan pengawet yang satu ini memiliki nama lain dari Asam Sorbat, yakni Natrium Sorbat, Kalium Sorbat, serta Kalsium Sorbat.

Biasanya Asam Sorbat berguna untuk mengawetkan olahan susu, termasuk keju. Ada juga yang memanfaatkannya untuk mengawetkan olahan buah, soft drink, dan juga sayuran.

b. Asam Benzoat

Banyak produsen makanan yang menggunakan bahan pengawet makanan sintetis ini untuk mengawetkan saus, minuman alkohol, soft drink, dan bumbu-bumbu dapur.

Penggunaan bahan pengawet ini termasuk legal dan aman asalkan tetap pada batas wajar. Sebab, sebuah riset mengungkapkan bahwa mengonsumsi Asam Benzoat berlebihan mampu meningkatkan risiko hiperaktif pada anak-anak.

c. Asam Propionat

Pengawet makanan ini berguna untuk mencegah pertumbuhan jamur pada makanan, seperti pada keju, minuman susu, salad dressing, dll. Meski termasuk pengawet yang aman, namun konsumsi berlebihan Asam Propionat juga bisa menyebabkan efek samping berupa pusing dan masalah perut.

d. Sulfit

Sulfur Dioksida atau Sulfit adalah bahan pengawet sintetis untuk mengawetkan produk buah kering, cuka, selai, dan makanan ringan. Nama pengawet ini bisa Anda temukan di balik kemasan dengan nama yang beragam, seperti Metabisulfite atau Potassium bisulfite.

Pengawet Makanan Namanya Apa?

Nama pengawet makanan memang beragam, terutama bahan pengawet sintetis. Beberapa daftar nama pengawet di atas adalah nama senyawa kimianya. Senyawa itu sendiri masih bisa terpecah menjadi lebih banyak lagi dengan fungsi yang berbeda-beda.

Nama pengawet Natrium Benzoat agaknya tidak asing ya? Beberapa orang masih bingung mengenai jenis pengawet ini. Karena ada sumber yang mengatakan, bahwa Natrium Benzoat ini termasuk pengawet alami. Tapi ada pula yang menyebutnya termasuk pengawet buatan.

Jadi, apakah Natrium benzoat pengawet alami atau buatan? Natrium Benzoat adalah pengawet buatan. Ia merupakan bentuk garam dari Asam Benzoat yang berguna untuk mengawetkan minuman.

Sekarang Anda sudah tahu beberapa daftar pengawet makanan yang aman, baik pengawet alami maupun buatan. Informasi di atas bisa Anda jadikan referensi saat hendak menggunakan bahan pengawet untuk produk makanan yang Anda jual. Pastikan Anda memilih pengawet yang aman ya!