Pengertian Food Grade Plastik dan Kodenya yang Belum Banyak Orang Tahu

Pengertian Food Grade Plastik dan Kodenya yang Belum Banyak Orang Tahu

Kebanyakan wadah produk makanan sekarang berbahan plastik. Penggunaannya yang murah dan praktis membuat banyak orang memilihnya. Tapi, Anda perlu berhati-hati, karena tidak semua bahan plastik aman untuk makanan. Pahami food grade plastik untuk mengetahui keamanannya.

Food grade itu apa sih? Apa saja macam-macam food grade plastik? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mengenal Food Grade Plastik Lebih Dalam

Food grade plastik merupakan sebuah label yang ada pada berbagai jenis kemasan makanan atau minuman. Label ini berfungsi untuk menunjukkan kemasan tersebut aman atau tidak. Jadi, setiap Anda ingin membeli makanan, pastikan untuk mengecek label food grade terlebih dahulu.

Mengapa harus mengeceknya? Karena tidak semua plastik aman untuk tubuh. Beberapa jenis plastik bisa jadi sudah terkontaminasi zat kimia berbahaya bagi yang bisa menimbulkan resiko penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga yang berbahaya seperti kanker.

Apakah plastik food grade tahan panas? Ada beberapa yang bisa tahan panas, namun ada juga yang tidak tahan panas. Semua tergantung sifat dari bahan itu sendiri yang bisa Anda ketahui melalui label kode food grade.

Kode wadah plastik memiliki 7 kode, yaitu kode 1-7. Masing-masing kode tersebut punya karakteristik, sifat, serta kegunaan yang berbeda-beda. Ada yang aman untuk tempat makan, ada pula yang tidak. Ada yang aman digunakan berulang kali, ada juga yang khusus sekali pakai.

Label Kode Food Grade Plastik

Setiap kemasan pada makanan dan minuman tentu memiliki label kode food grade plastik yang berbeda-beda, yaitu kode 1-7. Apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Kode 1

Kode 1 juga populer dengan istilah Polietilen Tereftalat (PET). Label ini bisa Anda temukan pada kemasan botol kecap, sambal atau botol minuman dan kaleng minuman. Sifatnya kuat, jernih serta kedap air dan gas. Namun, kemasan ini tidak dapat bertahan pada suhu lebih dari 80 derajat celcius.

Sehingga wadah plastik dengan kode 1 ini hanya untuk penggunaan sekali pakai. Setelah makanan di dalamnya habis, lebih baik buang atau daur ulang menjadi wadah bahan-bahan selain makanan. Misalnya, sebagai wadah detergen, dll.

2. Kode 2

Label kode 2 merupakan kode wadah makanan atau minuman yang berbahan plastik tipe High Density Polyethylene (HDPE). Label kode ini biasanya Anda temukan pada botol jus atau susu cair dan tutup plastik kemasan makanan. Wadah jenis ini tidak tahan panas jika suhunya mencapai 75 derajat celcius.

3. Kode 3

Kode 3 merupakan kemasan bahan plastik yang terbuat dari jenis atau tipe Polivinil Klorida (PVC). Jenis plastik ini tahan pada suhu 80 derajat celcius, serta memiliki bahan cukup keras dan kuat. Biasanya berfungsi untuk mengemas kecap, membungkus makanan dan kemasan minyak sayur.

4. Kode 4

Kode 4 terbuat dari bahan Low Density Polyethylene (LDPE). Kemasan ini bisa Anda temui pada kantong makanan segar. Misalnya pada kemasan sayuran dan produk yogurt. Karena bahan plastiknya dapat menyerap banyak air, sehingga sangat tepat jika orang menggunakannya untuk kemasan minuman.

5. Kode 5

Label kode 5 merupakan jenis kemasan yang terbuat dari bahan Polipropilen (PP). Jika selama ini Anda sering bertanya bahan PP food grade itu apa? Bahan ini merupakan jenis wadah makanan yang memiliki sifat lentur dan keras.

Kemasan dengan bahan PP mampu bertahan hingga suhu 140 derajat celcius. Anda bisa menemukannya pada kemasan dot susu bayi.

6. Kode 6

Kemasan dengan kode 6 terbuat dari bahan styrofoam. Sifat dari bahan ini tidak tahan dengan suhu yang sangat panas. Kemasan ini tidak bisa Anda gunakan berulang kali. Jadi, hanya sekali pakai saja. Maka dari itu, kemasan ini paling sering Anda jumpai pada makanan cepat saji.

7. Kode 7

Kemasan kode 7 ini merupakan jenis wadah plastik yang terbuat dari beberapa campuran bahan plastik. Jenis plastik dengan kode 7 ini sama sekali tidak disarankan untuk wadah makanan. Karena campuran pada bahan pembuatannya dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Kode Food Grade Plastik yang Aman

Dari sekian kode pada ulasan di atas, kode yang aman untuk wadah makanan adalah kode 1, 2, 4, dan 5. Kode tersebut sangat aman dan baik jika Anda gunakan untuk menyimpan makanan atau minuman. Karena jenis plastik dengan kode tersebut memiliki sifat kuat, keras dan tahan panas.

Jadi, makanan dan minuman Anda tidak akan terkontaminasi dengan kemasan plastik tersebut. Sedangkan untuk kode yang tidak aman adalah kode 3, 6 dan 7. Sebaiknya hindari produk kemasan dengan kode tersebut. Karena wadah ini mudah terurai dan menjadikan makanan terkontaminasi.

Sekarang, Anda sudah paham tentang food grade plastik kan? Perhatikan kode tersebut sebelum memilih kemasan plastik. Khususnya jika Anda ingin mengemas produk makanan atau minuman yang Anda jual. Pastikan memilih jenis plastik yang aman untuk semua konsumen.