Beberapa Nama Alat Dapur Perlu DiKetahui

Peralatan Dapur Untuk Memudahkan Dalam Memasak

Nama alat dapur murah yang wajib dimiliki dalam hal memasak supaya tepat dalam pemakaian nya

Karena peralatan dapur merupakan barang penting dalam membuat masakan. Sebuah Peralatan dapur lengkap dengan fungsinya bisa dipilih dengan benar.

Terpenting  selalu utamakan keselamatan dan keamanan saat sedang menggunakan semua peralatan dapur lengkap

Sebelum mulai memasak, ada baiknya mengetahui apa saja nama alat dapur dan gambarnya serta fungsi dari masing-masing peralatan tersebut. Ini akan membuat segala persiapan memasak akan lebih matang baik dan tentunya

Dari yang sederhana hingga rumit, tentu paling tidak membutuhkan dua peralatan masak dalam menyajikan sebuah hidangan.

Apalagi kini sudah banyak tersebar di sosial media mengenai resep masakan mudah dari makanan pokok hingga camilan. Namun, sebelum itu apa  sudah menyiapkan alat dapur yang benar-benar diperlukan?

Kompor

Nama alat dapur dan  yang harus wajib kamu punya adalah kompor.

 

Kompor menjadi terpenting dalam membuat sebuah hidangan. Karena tanpa adanya  kompor tentunya akan menemukan banyak kesulitan.

Kini pun sudah ada kompor listrik yang mengandalkan energi listrik sebagai sumbernya. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi menggotong gas maupun melakukan pengisiannya. Namun, tetap pilih kompor yang berkualitas baik agar tetap aman dan nyaman.

Spatula

Penggunaan spatula dalam masak memasak juga tidak kalah penting. Alat dalam dapur satu ini mempermudah dalam mengaduk makanan hingga menghasilkan hidangan yang lezat.

Tanpa spatula pastinya kamu akan sangat kesulitan. Tidak hanya itu, dengan penggunaan alat pengaduk yang salah justru akan membuat bahaya. Panasnya hawa dari api kompor, dapat membuat tangan kamu terluka.

Alat Dapur Berupa Panci dan Wajan

 

Kedua jenis alat dalam dapur ini mempunyai fungsi yang mirip namun berbeda penggunaannya. Wajan sendiri sebaiknya digunakan untuk menumis makanan atau mengolah makanan yang cenderung kering. Sedangkan panci berguna untuk merebus air dan juga membuat hidangan yang terdapat kuah di dalamnya, seperti sup ayam. Tanpa kedua alat ini, kamu pastinya akan kesulitan dalam mengolah keseluruhan hidangan untuk keluarga.

Pisau Dapur

Semua alat utama sudah dijabarkan di atas, kini saatnya beralih ke segala persiapan dalam membuat sebuah masakan. Dalam proses memasak, kamu membutuhkan pisau untuk mengolah bahan makanan. Bawang-bawangan, sayur mayur hingga ayam maupun daging sapi perlu dipotong agar hidangan lezat dan sedap dipandang. Beberapa jenis makanan pun tidak bisa secara utuh dimasak begitu saja, harus ada beberapa bagian yang dibuang. Kegiatan tersebut memerlukan pisau dalam prosesnya.

Talenan

Nah, untuk mendukung kinerja pisau semakin baik. Kamu memerlukan talenan pada bagian alas sebagai bagian peralatan dapur lengkap.

Alas potong yang disebut talenan ini juga menjadi unsur yang tak kalah penting dalam dapur. Perpaduan kedua alat ini akan membuat hasil potong bahan makanan semakin baik dan tentunya tidak merusak kabinet dalam dapur. Tidak hanya sampai disitu, kini pun beberapa talenan dengan model kayu minimalis dapat sekaligus menjadi alas sajian hidangan

Alat Dapur Multi Fungsi

Untuk pemula, alat satu ini dapat dikatakan fleksibel. Kamu dapat menggunakan wadah dalam jenis apapun menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Wadah dapat berupa baskom, mangkuk dengan bahan apapun untuk memudahkan kamu dalam menyiapkan bahan makanan sebelum diolah dan dimasak. Baskom ini berguna merendam sayuran, hingga memisahkan antara bahan makanan satu dan lainnya agar tidak tercampur sebelum dimasak.

Sarung Tangan Dapur

Biasanya alat satu ini sering terlewat Pins! Padahal sarung tangan dapur atau bisa juga disebut dengan cempal dapat melindungi tanganmu. Api yang berasal dari kompor dengan suhu tinggi, dapat membuat tangan terluka. Walaupun peralatan dapur lengkap tetapi tanpa cempal menjadi tidak sempurna.

Untuk lebih aman, ada baiknya kamu selalu menggunakan sarung tangan saat proses mengolah makanan di atas kompor. Walaupun Pins sudah dengan sangat hati-hati, pasti ada saatnya tangan Pins terlupa mengenai wajan atau panci yang panas. Sarung satu ini juga berfungsi mengangkat panci panas ke tempat aman dari kompor setelah masak.

Parutan

Pisau yang digunakan sebagai salah satu alat pemotong bahan makanan terkadang tidak membuat salah satu bahan dipotong secara halus. Inilah mengapa Pins memerlukan alat parut untuk memotong bahan makanan lebih halus dan kecil. Minim terluka, alat parut tentunya memudahkan dalam segi penggunaan apalagi untuk kamu yang tidak terlalu mahir menggunakan pisau.

Saringan Minyak

Intensitas menggoreng makanan dalam dapur juga menjadi suatu kebiasaan. Bila tidak ada gorengan pada menu makan, seperti ada yang kurang. Alat penyaring inilah yang dapat membantu  meniriskan minyak yang menempel pada makanan.

Minyak yang berlebih juga tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, gunakan saringan sebelum kamu dan keluarga mengkonsumsi makanan setelah dimasak. Fungsi utama alat satu ini adalah menyaring sari makanan untuk memisahkan dengan cairan.

Alat Dapur  Cobek/ Ulekan

Cobek atau ulekan pasti tidak asing lagi bukan di telinga? Alat penghancur makanan berbahan batu ini memiliki material yang cukup kuat.

Maka dari itu alat satu ini bisa untuk menghaluskan bumbu makanan hingga menjadi bubuk. Walau kini sudah ada teknologi blender kecil atau biasa disebut dengan chopper tanpa listrik, penggunaan cobek masih menjadi andalan dalam menghancurkan bumbu masakan.


Klik Kirim Pesan
Hello. Dengan GUATAKA,
Ada yang bisa dibantu kak?