Jenis Peralatan Dapur

Peralatan Perlengkapan Dapur | Kitchent Equipment

  1. Penggorengan Wajan Anti Lengket

Dalam rumah tangga memang  membutuhkan wajan anti lengket untuk alat dapur karena telur dan pancake paling baik dibuat di atas permukaan antilengket. Selain daripada itu, wajan ini bisa menjadi alat multifungsi yang dapat dipakai untuk membakar daging, menumis sayuran, dan membuat saus.

Namun, perlu diperhatikan  saat memakai alat non-abrasif di permukaan wajan antilengket ini. Belil dua set potong memungkinkan, memiliki dua ukuran dan memungkinkan untuk memasak dua hal pada saat yang bersamaan.

  1. Saucepan

Saucepan sebagai peralatan dapur sangat cocok dipakai saat  perlu memasak sesuatu dengan cairan, seperti pasta, sop sayuran, saus atau kacang-kacangan yang membutuhkan untuk dididihkan. Panci berukuran 4 liter mudah digerakkan dan ditangani, dan sangat bagus untuk memasak makanan untuk 1 atau 4 orang

  1. Pisau

Jika memasak, tentu akan menggunakan peralatan dapur seperti pisau. Jika  memiliki dana lebih dan tempat untuk satu pisau, maka belilah pisau koki. akan menggunakan pisau ini untuk 90 persen persiapan makanan. Jadi, belilah yang bagus dan rawatlah.

  1. Sendok Pengukur

Sendok pengukur sebagai peralatan dapur ini penting terutama untuk menyendok rempah-rempah dan bumbu kering. Carilah sendok pengukur yang magnetis dan masukkan ke dalam stoples bumbu, dan keduanya akan saling menempel sehingga  tidak perlu khawatir kehilangan sendok teh.

  1. Gelas Ukur

Gelas ukur penting dalam peralatan dapur jika kerap membuat kue atau roti. Gelas ukur juga cocok untuk digunakan untuk memasak sehari-hari.

  1. Blender

Blender adalah alat penting bagi mereka yang perlu mencampur saus, jus, atau sup. Jangan bingung dengan pengolah makanan, manfaat utama blender adalah kemampuannya untuk “mencampurkan” dua atau lebih bahan menjadi satu. Motornya umumnya kurang bertenaga dibandingkan pengolah makanan, dan bilahnya kurang tajam, sehingga blender lebih baik digunakan dengan cairan dan es.

  1. Food Prosessor

Alat dapur yang harus dimiliki selanjutnya adalah food prosessor. Dengan alat ini, bisa dengan mudah merobek keju blok atau irisan pepperoni. juga bisa membuat mayones, selai kacang, atau krim kocok serta memotong atau mengiris sayuran dalam waktu singkat.

Food prosessor adalah peralatan dapur penting yang bisa menghemat banyak waktu, dan begitu mulai menggunakannya, maka akan menemukan lebih banyak kegunaan untuk menghemat waktu dalam memasak.

  1. Planetary Mixer atau Spiral Mixer
Planetary Mixer
Planetary Mixer 

Setiap tukang roti tahu betapa melelahkannya mengaduk adonan roti atau adonan kue. Menurut taste of home,

Jual Spiral mixer
Spiral Mixer

Mixer memudahkan untuk menggabungkan bahan basah dan kering, seperti tepung dan telur. Beberapa mixer dilengkapi dengan alat pengait adonan untuk menguleni.

 

 

 

  1. Slow Cooker

Slow cooker sangat membantu ibu untuk dapat menyiapkan makanan sebelum meninggalkan rumah di hari itu juga dan bisa menyelesaikannya pada saat tiba di rumah bahkan peralatan dapur ini juga cocok untuk anak kecil. Slow cooker memungkinkan makanan mendidih sepanjang hari atau malam untuk memberi keluarga makanan rumahan yang lezat.

  1. Pengasah pisau

Setelah memiliki pisau yang tepat, peralatan dapur ini harus dijaga agar tetap tajam. Pisau tumpul berbahaya bagi penggunan nya dan makanan apa pun yang dipotong.

  1. Talenan

Baiknya Anda memiliki dua talenan ideal satu untuk protein mentah dan satu untuk makanan matang serta porduksinya agar terhindari kontaminasi silang karena bisa sebabkan keracunan makanan. Untuk protein mentah, lebih baik menggunakan talenan plastik yang aman. Untuk makanan yang dimasak dan hasil bumi, papan potong plastik atau kayu bisa digunakan.

  1. Spatula Silikon

Spatula silikon sangat penting untuk mengikis food processor atau bagian samping mangkuk, mengaduk frosting ke atas kue, atau melipat putih telur ke dalam adonan kue. Pastikan peralatan dapur terbuat dari silikon dan bukan karet, karena bisa berisiko meleleh di bawah panas tinggi. Jika membuat banyak makanan berbau bawang putih, mungkin ingin memiliki spatula terpisah untuk memanggang manis saja.

  1. Microwave

Tidak ada peralatan dapur yang lebih disukai daripada oven microwave. Faktanya, bagi banyak orang, microwave adalah pelengkap peralatan dapur. Microwave memanaskan makanan dalam waktu kurang dari separuh waktu oven konvensional. Gelombang mikro mudah dioperasikan dan sangat tahan lama.

  1. Whisker

Pengocok atau whisker berbahan logam yang kokoh tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pilih pengocok berukuran sedang dengan pegangan yang pas di tangan Anda. Gunakan untuk mencampur bahan-bahan kering sebelum dipanggang, aduk telur untuk membuat frittata atau mengemulsi vinaigrette

  1. Termometer Instan

Ditemukan di hampir setiap bagian daging supermarket atau dengan gadget dapur lainnya, termometer baca instan sangat penting untuk memastikan daging dan unggas dimasak dengan aman dan dilakukan sesuai keinginan.

  1. Sendok Kayu

Sendok kayu tidak mengikis permukaan memasak Anda dan akan bertahan selamanya. Hanya saja, jangan taruh di mesin pencuci piring! Pilih satu set sendok kayu yang bermacam-macam, seperti set berisi 6 buah ini, agar bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan.

  1. Pengupas

Saat menyiapkan dapur dengan bahan dasar, harus memiliki alat pengupas yang bagus dan tajam untuk menghilangkan kulit sayuran, memarut keju, atau membuat pita sayuran.

  1. Penjepit

Penjepit merupakan peralatan dapur yang tangan anda. Foodal mengungkap tidak hanya digunakan untuk membalikkan potongan besar makanan, tetapi juga membantu memindahkan bahan-bahan di dalam wajan atau wajan tanpa risiko gosong.

  1. Satu Set Prep Bowl

Setiap dapur membutuhkan satu set prep bowl untuk membantu mengatur semua bahan masakan. Jika Moms mendapatkan prep bowl yang bisa dilipat, akan menghemat banyak ruang dan bila memilih meal prep bowl dengan penutup maka bisa juga berfungsi ganda sebagai piring saji.

  1. Pembuka Kaleng

Pembuka kaleng adalah sesuatu yang tidak ingin lupakan sebagai peralatan dapur yang penting. Kacang dan sayuran kalengan bisa dimasak dengan cepat dan merupakan makanan pokok yang enak di dapur, tetapi banyak hal juga datang dalam kaleng yang membutuhkan pembuka kaleng – santan, pasta kari, buah-buahan, tomat tumbuk, dan lainnya.

  1. Citrus Juicer

Terkadang tugas-tugas yang tampaknya tidak penting di dapur yang memberikan kerumitan lebih dari yang seharusnya. Membuat jus lemon atau jeruk nipis adalah salah satu tugas dari citrus juicer sebagai peralatan dapur yang harus dimiliki.

  1. Gas Elpiji

Bagaimana kompor dapat berfungsi dengan benar jika tidak ada gas elpiji? perlengkapan dapur satu ini sebagai bahan bakar utama untuk kompor menghasilkan nyala api.

anda dapat memilih tipe gas elpiji yang sesuai kebutuhan, terlebih dari kebutuhan memasak. jika kebutuhan memasak banyak, tentu menggunakan tipe gas 12 kg dapat lebih bagus karena cadangan gas yang dimiliki lebih banyak dibanding tipe 3 kg


Klik Kirim Pesan
Hello. Dengan GUATAKA,
Ada yang bisa dibantu kak?