Cara Membuat Pizza Oven Enak Serta Murah Bergizi

Oven Gas Pizza

Siapa kah yang tidak suka dengan pizza? Meski Pizza merupakan makanan yang berasal dari Italia, pizza merupakan salah satu makanan western yang disukai masyarakat Indonesia.

gas oven 1 deck 2 tray
Gas Oven 1 Deck 2 Tray

Cara membuat pizza ternyata tidak serumit yang kita bayangkan, berupa roti bundar pipih yang dipanggang memakai  gas oven 

Makanya tak heran banyak franchise restoran pizza yang tak pernah sepi pelanggan. Karena  rasa nya enak dan tentunya bergizi, ternyata  banyak orang yang tak hanya ingin membelinya tapi juga membuatnya sendiri di rumah.

Apalagi pizza buatan sendiri bisa diatur tingkat ketebalannya bahkan topping yang dipakai nya.

Tapi, membuat pizza sendiri terkadang masih suka gagal, entah karena adonan kulit pizzanya yang tidak lembut malah keras

Bisa juga karena cara memanggang pizzanya tidak benar shingga menghasilkan kulit pizza yang gosong bahkan tidak matang merata.

Kalau kalian ingin tahu cara membuat pizza yang mudah dan dijamin enak.

Tak hanya cara membuat kulit pizzanya saja tapi lengkap dari membuat saus pizzanya, menata topping sampai memanggang pizzanya.

Banyak cara membuat pizza oven dan yang paling mudah dan dijamin enak seperti yang dijual, semua ada ni di bawah ini , ikuti ya guys cara nya

Karena dijamin, bila tahu cara membuat pizza ini, pizza buatan rumah pasti rasanya seperti pizza yang dijual tapi pastikan memakai mesin oven gas pizza GTK karena sudah terbukti kualitas dengan harga terjangkau

1 . Membuat Adonan Kulit Pizza

Untuk membuat kulit pizza yang bagus, dibutuhkan dua bahan. Bahan pertama adalah bahan biang yang terbuat dari ragi instan, air hangat dan gula pasir.

Bahan kedua adalah tepung terigu, air, minyak goreng dan garam.

Pertama, kita buat dulu adonan biang dengan mencampur bahan-bahannya dan diamkan selama 10 menit.

Jangan terlalu lama ya nanti kulit pizzanya akan terasa asam dan pecah.

Setelah itu campur bahan-bahan kulit pizza lain lalu tambahkan ragi instan. Menguleni adonan kulit pizza ini sampai kalis.

Habis itu masukkan minyak dan garam kemudian uleni sampai elastis. Elastis artinya saat adonan ditarik akan lentur dan tidak mudah robek.

Perhatikan proses pengistirahatan adonan kulitnya, supaya hasil mengembangnya bagus juga pizzanya akan lembut dan empuk.

Tidak seperti roti, proses pengistirahatan adonan pizza ini hanya dilakukan sekali namun cukup lama.

2 . Membentuk Pizza

Setelah pizza diistirahatkan, saatnya kita membentuk pizza. Supaya bentuk dan ukuran sama, adonan kulit pizza ini bisa dibagi-bagi dulu.

Adonan pizza oven

Ambil satu adonan yang sudah dibagi lalu giling memakai rolling pin. Ketebalan pizza bisa disesuaikan dengan selera, bisa tebal bisa juga tipis.

Jika memilih yang tipis pizzanya akan renyah, sedangkan yang tebal akan empuk saat dimakan.

Tips jika ingin mendapatkan pizza yang tebal, bagian pinggirnya harus lebih tebal agar topping pizza tidak berjatuhan.

Jangan juga menggiling adonan pizza terlalu tipis karena mengakibatkan mudah gosong dan kering rasanya.

  1. Memanggang Pizza

Memanggang pizza dilakukan sebanyak dua kali. Kenapa harus dua kali? Pemanggangan pertama dilakukan untuk mematangkan adonan kulit.

panggang pizza oven gas

Sebelum dipanggang pertama kali, jangan lupa adonan pizza yang sudah digiling kita tusuk-tusuk menggunakan garpu agar tidak terlalu mengembang.

Untuk proses pemanggangan pertama kita panggang dengan suhu 200 derajat Celsius selama 7 menit alias sampai kulit pizza setengah matang saja.

Setelah itu baru beri topping dan panggang kedua kalinya dengan suhu 190 derajat Celsius selama 5 menit.

Proses pemanggangan ini dilakukan dua kali agar topping pizza tidak kering atau hangus karena dipanggang kelamaan, pakailah mesin gas oven pizza GTK yang berkualitas dan bermutu baik

Jika saus dan topping pizzanya kering tentu pizzanya tidak akan enak pas dimakan.

  1. Membuat Saus Pizza

Pizza yang enak juga berkat saus pizzanya. Saus pizza ini dibuat dengan bahan utama tomat. Tomat ini direbus lalu dicincang.

Supaya tambah enak, tambahkan tomat pasta. Tomat pasta ini biasanya sudah dimasak dengan rempah-rempah sehingga rasanya lebih tajam.

Kunci saus pizza yang enak tentunya karena tambahan oregano dan basil agar aroma khas masakan Italianya keluar.

Saus ini bisa langsung dicampur dengan daging cincang atau bisa dibuat dengan tomat saja.

Enaknya  bisa membuat saus pizza ini dalam jumlah banyak karena bisa tersimpan supaya bisa dipakai untuk membuat pizza di lain kesempatan.

  1. Memberi Topping  Pizza

Topping apa sih, yang paling enak untuk membuat pizza rumahan? Tentunya harus dibuat dengan saus tomat pizza yang enak.

Setelah itu toppingnya bisa berupa ayam, daging atau olahan daging seperti sosis, pepperoni, daging asap dan lainnya.

topping pizza

Bisa  juga menambah sayuran seperti brokoli, bawang bombay, jagung hingga paprika. Semua topping ini baiknya sudah dipotong ukuran kecil supaya rata di setiap bagian pizzanya.

Terpenting adalah penambahan keju cepat leleh di atas pizza. Kejunya bisa yang keju cepat leleh atau mozzarella.

Biar terlihat lelehnya bagus, parut dulu mozzarellanya dan sebar ke seluruh permukaan pizza.

Cara membuat pizza oven sendiri di rumah ini mudah bukan?

Jika pengin lebih jelas perlu diketahui bahwa Guataka akan membuat Live Streaming Instagram pada tanggal 6 Oktober 2021 dengan tema Pizza Black  Click here


Klik Kirim Pesan
Hello. Dengan GUATAKA,
Ada yang bisa dibantu kak?