Samakah Pembuatan Donat Biasa Dengan Donat Sayur Buah

Donat Biasa dan Sayur Buah

Di sekitar daerah Yogyakarta ada satu toko daring yang menjual kue  donat sayur dan buah.

Varian donat dari toko itu berbeda dengan toko kebanyakan.

Donat sehat

Salah satu variasi menarik dan unik dari mereka adalah donat dengan rasa pisang bawang.

Pemilik toko donat mengatakan bahwa kesukaannya berkreasi dengan warna alami adalah alasan mengapa ia membuat donat ini. “Yonana itu kayak dapur buat aku eksperimen gitu.

Maksudnya di situ bisa apa saja masuk, tapi garis merahnya pokoknya aku suka yang alami gitu. Terus aku suka mainan warna,” jelasnya.

bahwa pada dasarnya pembuatan donat sayur dan buah ini sama seperti donat pada umumnya. “Pembuatannya itu sama kayak donat lainnya.

donat sayur dan buah

Adonannya juga di-proofing dulu,” jelasnya.

Adonan dasar yang digunakan terbuat dari kentang. Lalu, adonan tersebut ditambahkan dengan bahan-bahan lain agar lebih menarik.

Adonan utamanya itu yang kentang.

Terus nanti yang tinggal dicampur gitu, waktu adonan base-nya sudah jadi,” ungkapnya  Penambahan bahan alami tak hanya pada adonannya, tapi digunakan pula untuk glaze dan garnish.

Meski begitu tak semua adonan diberi tambahan bunga atau pewarna alami.

Beberapa varian donat seperti pisang bawang juga menggunakan adonan dasar donat kentang. Hanya saja topping atau glaze-nya memakai olahan pisang dan bawang.

Proses memasak donat menjelaskan bahwa donat dari Yonana dimasak dengan cara digoreng.

Sebelumnya, Anggi pernah mencoba untuk memanggang donat buatnya. Sayangnya hal tersebut membuat tekstur donatnya kurang lembut dan lebih mirip roti. “Ini kalau donatnya digoreng.

Dulu pernah coba dioven tapi beda teksturnya, bukan donat jadinya. Lebih mirip roti.  Oleh karenanya, di putuskan untuk menggoreng donatnya saja.

Berbeda dengan donat di pasaran, donat dari Yonana digoreng menggunakan minyak kelapa. Hal tersebut membuat aromanya lebih wangi dan sedap. Dengan pakainya minyak kelapa, jadi lebih wangi,” katanya

Source :

https://bit.ly/3CJ9KFy

 


Klik Kirim Pesan
Hello. Dengan GUATAKA,
Ada yang bisa dibantu kak?