Peralatan Kitchen Equipment

Mengenal Kitchen Equipment Beserta Fungsinya

 Mungkin dari beberapa pemilik maupun tukang masak/koki bahkan belum mengenal lebih jauh mengenai nama maupun fungsi kitchen equipment. Dari sekian banyak peralatan dan macam-macam jenis kitchen equipment yang dibutuhkan, terdapat beberapa peralatan di dapur yang kompleks dan memiliki fungsi yang mungkin bisa dikatakan spesifik.

Kitchen Equipment

Apa itu Kitchen Equipment?

Menurut para pakar dan pegiat dapur seperti dikutip pada situs valid yaitu RealSimple, kitchen tools / kitchen equipment adalah perlengkapan dapur yang mencakup berbagai peralatan yang dibutuhkan didalamnya demi menunjang keberlangsungan produktivitas dapur.

Selengkapnya baca ulasan dan penawaran kami dibawah ini.

Fungsi Kitchen Equipment

Dari banyak jenis peralatan kitchen equipment, setiap equipment memiliki kegunaan masing-masing. Dimaksudkan agar tak kerepotan ketika pekerjaan dapur yang dinamis dan konstan melayani pelanggan. Tentunya, agar menghasilkan masakan yang khas yang kaya akan kualitas masakan.

Fungsi Kitchen Equipment itu sendiri adalah peralatan yang digunakan sebagai tempat untuk menaruh peralatan memasak, menyimpan bahan baku makanan (mentah/jadi), serta mengerjakan operasional kegiatan memasak.

Penggunaan yang kurang tepat apabila mengerjakan sesuatu yang tidak sebagaimana fungsinya, sebab tidak akan menghasilkan sebagaimana harusnya seperti kata pepatah “use a tool (equipment) as it should”.

Perlu diperhatikan juga agar selalu pastikan untuk menggunakan kitchen equipment yang berkomponen baja seperti baja hitam, stainless steel dan alumunium ya…

Macam Macam Peralatan Kitchen Equipment, Contoh dan Gambarnya

Dari berbagai manfaat dan kegunaannya sebagai pelengkap peralatan dapur stainless Restoran, Hotel dan Catering. Terdapat 2 jenis bagian equipment yang ada. Kedua jenis tersebut memiliki kegunaan yang saling mengisi dan melengkapi sesuai dengan fungsinya.

Berikut kitchen equipment yang kami maksud adalah main kitchen equipment dan mechanical/electrical kitchen equipment. Lebih lanjutnya, kami lampirkan dibawah ini:

  • Chinaware

Equipment chinaware adalah semua jenis peralatan pecah belah yang terbuat dari porselin dan atau keramik yang mampu menunjang visual makanan yang ditawarkan kepada pelanggan.

  • Potato Peeler

peralatan besar dan kecil dapur

Kegunaan fungsional potato peeler ini pada prinsipnya hanya untuk mengupas kentang agar hasil maksimal dan presisi (termasuk salah satu quality control pada beberapa tempat makan).

Cara menggunakannya pun memiliki panel yang mudah dimengerti serta terdapat lapisan batu guna mengelupas kentang tersebut.

  • Meat Slicer & Grinder

Peralatan Kitchen Equipment dan Fungsinya

Peralatan yang satu ini adalah alat untuk menggiling dan menghancurkan daging (meat grinder) dan memotong/mengiris daging (meat slicer).

meat slicer murah
Meat slicer murah

Meat grinder digunakan untuk menhaluskkan daging hingga digunakan seperti membuat bakso, beef dan sebagainya. Dan meat slicer, memotong suatu objek seperti daging, sayur ataupun roti dengan menghasilkan ketebalan yang sama dan presisi. Bahan bakar dari tenaga ini menggunakan listrik.

  • Salamander

Merupakan alat untuk menyempurnakan pembakaran hasil yang belum usai. Sumber tenaganya memang ada yang menggunakan listrik, namun umumnya seperti menggunakan charchoal grill yaitu dengan menggunakan batu lava (lava rock).

Tidak salah pilih memang karena lava rock selain hemat dan cukup worth it, batu ini sangat cocok dan efisien untuk menyempurnakan pembakaran hingga waktu yang lama.

Poin-poin diatas adalah peralatan dapur kecil dan besar kita lanjut dibawah ini:

  • Rice Cooker

peralatan kitchen equipment

Alat yang satu ini adalah tempat menanak nasi yang sangat efisien. Biasa masyarakat umum menyebutnya dengan m*gic com/m*gic jar. Secara, untuk masakan rumahan model sederhana seperti itu masih bisa mengatasi rasa lapar sekeluarga. Namun apa kabar dengan menanak nasi di restoran, kedai cuisine maupun hotel?

Ditempat kami, menyediakan custom rice cooker dengan berbagai jenis dan model bentuk (custom). Tersedia ukuran yang menyesuaikan keperluan serta dapat diterapkan pada dapur di tempat dapur komersil Anda.

  • Stove

kitchen stove equipment

Kegunaan stove atau yang biasa dikenal dengan kompor ini sudah sangat jelas, Anda Bapak/Ibu sekalian sudah faham fungsinya. Ya,.. stove ini dipergunakan untuk mengeksekusi masakan yang akan dimasak. Bahan bakar stove sekarang ini tidak hanya berupa gas (gas stove), tapi bisa juga dengan listrik (electrical stove). Maksudnya bersifat kondisional.

Gimana maksudnya kondisional? Sepenuhnya merupakan pilihan Bapak/Ibu ingin menggunakan yang mana.  Namun perlu diperhitungkan secara matang apabila ingin menggunakan bahan bakar listrik karena biaya operasional yang cukup besar daripada menggunakan bahan bakar dari gas.

Di tempat kami, kami menyiapkan stove yang memiliki bentuk jenis dengan jumlah kompor 4, 6 maupun 8 tungku secara custom.

  • Work Table

meja kitchen equipment

Salah satu hal wajib yang harus ada, work table atau meja kerja ini termasuk peralatan besar pada dapur yang memiliki manfaat sangat kompleks dan multifungsi. Meja ini digunakan berbagai aktifitas di dapur sebagai tempatnya bekerja para chef dan asistennya meracik.

Ingin work table yang lebih praktis, tepat guna dan memiliki banyak ruang? Hubungi kami untuk pengerjaan meja stainless kitchen hingga 5 susun sekaligus dalam 1 unit.

  • Cabinet (Table/Wall)

Melekat dengan kata efisiensi yang tetap terjaga. Cabinet ini sering kita temui bahkan di perkakas kitchen equipment dapur. Cabinet atau biasa disebut dengan lemari tempat penyimpanan merupakan unsur yang sangat penting pada dapur. Mau diletakkan dimana dong komponen makanan/peralatan dapur kalau bukan disini?

Cabinet ini memiliki fungsi dan manfaat sebagai tempat meletakkan apapun itu yang ada di dapur. Maksudnya berbagai alat penunjang berlangsungnya kegiatan masak-memasak dapat diletakkan baik pada cabinet table (lantai/bawah) maupun cabinet wall (dinding/atas). Segala bentuk pergerakan dapat secara praktis dilengkapi dengan cabinet ini karena koki tak perlu muter-muter kesana kemari atau bahkan mencari peralatan yang sedang dibutuhkan?

cabinet 16 tray
Cabinet 16 Tray
  • Oven Gas
Gas Oven Roti 1 Deck 1 Tray
Oven gas deck

peralatan besar dapur

Oven merupakan salah satu kitchen equipment di dapur took roti dan kue yang berbentuk persegi ataupun kotak yang mana digunakan sebagai alat memanggang produk yang ada di bakery & cake. Bisa juga dijadikan alat untuk roasting daging (roasted meat) dan pastry.

Bahan bakar oven bisa juga dengan menggunakan gas maupun listrik. Salah satu hal esensi mengapa oven sering digunakan bukan hanya sebagai alat memanggang, namun memiliki tingkat daya tahan terhadap panas api yang tinggi.

  • Deep Fryer

kitchen fryer equipment

Fryer atau deep fryer digunakan untuk menggoreng segala kebutuhan masakan yang diharuskan untuk digoreng matang hingga keseluruhan termasuk dalamnya. Penggunaan alat ini biasanya digunakan untuk menggoreng ayam, kentang dan lain sebagainya.

Mengapa namanya disebut sebagai deep fryer? Karena sewaktu menggoreng apapun itu produknya, akan tenggelam hingga kedalam dan menghasilkan hasil gorengan yang merata hingga dalam daging.

  • Freezer

peralatan kitchen equipment

Freezer atau yang biasa kita sebut dengan kulkas memiliki peranan penting dalam rumah pribadi dan khususnya pada dapur komersil. Freezer ini memiliki unsur refrigerate yang diperlukan untuk menyimpan bahan baku dan resep masakan dengan temperature yang sangat rendah.

Pengaturan kerjanya pun mudah, hanya tinggal menyesuaikan temperature yang diinginkan. Suhu temperature yang ada di freezer ini dapat mencapai suhu -21° C tentunya hingga berbentuk beku.

  • Sink Washtafel

kitchen sink equipment

Adalah salah satu peralatan kitchen equipment yang selalu ada di ruang dapur. Memiliki fungsi dishwasher yang mana sebagai membersihkan banyak bahan makanan, mencuci peralatan masak dan seterusnya.

Di beberapa kedai makan, sink ini ditempatkan di ruang tersendiri untuk washtafel sebagai tempat mencuci tangan setelah selesai menyantap produk makanan.

  • Kompor (Kwali Range)

perlengkapan dapur stainless

Kwali range dalam penggunaan pada dapur sering digunakan pada industri food & beverage, hotel, kedai makan dan restoran. Dalam prakteknya, kompor kwali ini mampu meningkatkan kinerja chef dalam mengelola makanan lebih efisien dan praktis. Umumnya kompor gas Kwali Range ini diaplikasikan pada berbagai industri makanan dan minuman seperti pada kedia makanan yang mengedepankan cita rasa khas.

Kwali range ini memiliki tingkat tekanan panas api yang sangat tinggi sehingga mudah dalam menjalankan operasional di dapur.

Dengan adanya kitchen equipment kwali range ini, mampu dan dapat menyesuaikan tekananan yang bertekanan 3 macam jenis. Macam jenis tersebut berupa tekanan rendah (low pressure), tekanan sedang (medium pressure) dan bisa juga automatic air regulator yang secara otomatis mati dengan secara pengaturan yang sudah ditetapkan.

Kompor gas kwali range burner ini sudah teruji oleh kami selama 2×24 jam setelah produksi jadi beserta instalasi gas yang diharuskan agar ruang dapur tidak terasa sempit. Dengan kompor gas kwali range ini, Anda bisa mengeksekusi proses masakan lebih cepat dan mudah karena dilengkapi dengan gas yang memiliki tekanan sangat tinggi

  • Noodle Boiler

gambar peralatan kitchen equipment

Merebus mie dan kuahnya sekaligus secara efisien dan praktis. Perlengkapan dapur stainless kitchen equipment yang ini sangat cocok digunakan untuk masakan yang memiliki ciri khas berupa mie. Ciri khas yang bagaiman? Maksudnya ciri khas atas produk makanan itu sendiri. Seperti pada contohnya, Japanese food, Korean food, Indian food dan sebagainya. Sangat disayangkan bukan apabila berbisnis seperti itu namun perlengkapan kitchen equipment yang kurang memadai.

Untuk Bapak/Ibu yang sedang menjalani bisnis dalam industri kuliner mie – berkuah, kami merekomendasikan menggunakan noodle boiler ini sebagai senjata utama pada dapur Anda sehingga icon produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas tersendiri.

Hal yang Mungkin Anda Perlu Ketahui

Agar memudahkan Anda memahami dan memudahkan pengetahuan Anda, kami menyiapkan beberapa tanya jawab hal-hal yang sering ditanyakan.

Berikut dibawah ini kami sajikan

·         Apa yang dimaksud dengan kitchen equipment?

Kitchen equipment adalah segala jenis perkakas yang mencakup berbagai peralatan wajib yang dibutuhkan guna menunjang keberlangsungan produktivitas dapur.

·         Apa fungsi dan kegunaannya?

peralatan yang digunakan sebagai tempat untuk menaruh peralatan memasak, menyimpan bahan baku makanan (mentah/jadi), serta mengerjakan operasional kegiatan memasak.
Penggunaan yang kurang tepat apabila mengerjakan sesuatu yang tidak sebagaimana fungsinya, sebab tidak akan menghasilkan sebagaimana harusnya seperti kata pepatah “use a tool (equipment) as it should”.

·         Apa saja peralatan kitchen equipment itu?

Perkakas tersebut beragam karena sesuai dengan kebutuhan apa saja yang diperlukan pada goals produksi.
Beberapa diantaranya adalah Chinaware, Potato Peeler, Meat Slicer & Grinder, Salamander, Rice Cooker, Stove, Work Table, Cabinet (Table/Wall), Deep Fryer, Oven, Sink Washtafel, Kwali Range, Noodle Boiler dan lain sebagainya.

·         Dimana tempat membelinya?

Umumnya toko yang menjual kitchenware equipment adalah toko perabot rumah tangga yang menyediakan perkakas kitchen Guataka

Source : https://bit.ly/39FptZT


Klik Kirim Pesan
Hello. Dengan GUATAKA,
Ada yang bisa dibantu kak?