Peralatan Kue Penting Dimiliki Pemula

Tentunya banyak orang menyukai kue, rasa manis dari kue cocok sebagai camilan atau sebagai teman minum teh sambil bersantai bersenda gurau. Namun, membuat kue memang jadi kesenangan/ Keasyikan  tersendiri bagi setiap orang. Motifasi dan Kesukaan pun tentunya berbeda beda.

Bagi pemula terkadang bingung, peralatan apa saja kah yang diperlukan untuk membuat kue yang enak serta lezat dan bergizi tinggi?

Nah, bagi yang masih dalam tahap awal/pemula dalam membuat kue, berikut ini beberapa peralatan yang wajib dimiliki supaya proses pembuatan kue  jadi lebih cepat lancar dan nyaman.

1. Oven
Barang utama yang wajib dimiliki adalah Gas Oven Deck. Walaupun tidak semua kue dipanggang, tapi hampir sebagian besar kue dibuat dengan cara dipanggang dalam oven. Tidak harus oven listrik tapi kalau ada hal itu pun baik ada nya, tetapi kalau tidak ada  juga bisa menggunakan oven kompor.

Gas Oven 1 Deck 2 Tray
Gas Oven 1 Deck 2 Tray

2. Mixer
Sering atau tidaknya anda membuat kue, Planetary Mixer ini merupakan salah satu alat yang penting. Dengan Spiral mixer/ Mixer Spiral  ini, proses mencampur adonan kue  jadi lebih mudah karena  tidak perlu menggunakan tangan  untuk mengaduk adonan hingga menjadi Kalis dan Lembut

 

Planetary Mixer
Planetary Mixer 5 Liter

 

Spiral Mixer
Spiral Mixer 40 Liter

3. Timbangan , Sendok, dan Gelas Ukur

Kue hanya bisa berhasil bila semua takaran bahan sesuai dengan formula (resep) yang diberikan, seperti ilmu matematika atau kimia. Maka jika belum menjadi seorang pemanggang profesional, sebaiknya jangan coba-coba, deh, untuk memodifikasi resep atau menakar bahan hanya berdasarkan perasaan sendiri. Itu sebabnya para pemula diwajibkan memiliki timbangan, sendok, dan gelas ukur.

Alat-alat ini akan memudahkan disaat menakar berapa banyak adonan secara spesifik berdasarkan gram, sdt (sendok teh), sdm (sendok makan), cup, ml atau cc yang di perlukan dalam proses pembuatan kue.

Timbangan sendok gelas ukur

4. Loyang kue
Tidak perlu membeli semua jenis loyang kue, kok. Untuk mengawali perjalanan anda sebagai pembuat kue, cukup miliki loyang kue kotak, loyang kue bolu, dan loyang cupcake. Saat membeli loyang, pastikan juga ukurannya sesuai dengan oven di rumah

Disaat membeli loyang ada beberapa kali yang berujung kecewa karena asal membeli tanpa mengukur sesuai dengan oven.

Pastikan dulu ukuran loyang kue lebih kecil dari ukuran oven

GTK

5. Spatula
Supaya adonan bisa tercampur rata, dibutuhkan Spatula untuk mengaduknya.

Berbagai bahan spatula, mulai dari plastik, silikon hingga kayu. Pilih spatula dengan bahan yang lentur dan elastis sehingga bisa fleksibel mengikuti bentuk wadah, dan yang tidak kalah penting juga bahan  tidak mudah patah.

6. Ayakan
Untuk menghasilkan kue bertekstur baik dan sesuai , anda membutuhkan tepung terigu atau bahan berbubuk lainnya yang harus bebas dari gumpalan-gumpalan atau benda asing. Nah, Tahukah anda caranya adalah dengan menyaring atau mengayak bahan berbubuk tersebut dengan ayakan.

GTK

7. Kertas Roti
Supaya kue tidak menempel di loyang dan mudah saat dikeluarkan, Diwajibkan  menggunakan kertas roti sebagai alas loyang. Kertas roti ini juga bisa digunakan sebagai alas saat anda hendak menggulung bolu kue atau mengemas kue sebelum dimasukkan dalam wadah.

Guataka Kertas Roti

8. Plastik Segitiga (Piping Bag) & Spuit
Plastik segitiga ini berfungsi saat anda akan menghias kue dengan butter cream supaya hasilnya bisa diaplikasikan secara merata dan berbentuk cantik. Plastik ini juga berfungsi jika anda ingin mencetak bentuk kue seperti lidah kucing atau kue sus.

Caranya, siapkan plastik segitiga, masukkan spuit dan dorong hingga menembus ujung plastik, masukkan adonan atau butter cream, lalu tekan plastik hingga adonan keluar dari ujung spuit.

Guataka Indonesia

9. Alat Pengocok (Whisk)
Spuit adalah pasangan setia piping bag yang berfungsi untuk membentuk adonan atau kue jadi sedemikian rupa. Ada berbagai macam bentuk, mulai dari yang bulat, runcing, segitiga, hingga bunga-bunga pilih sesuai dengan selera anda.

Alat Pengocok Telur

Sebenarnya fungsi whisk mirip seperti mixer. Hanya saja, whisk langsung digunakan dengan tangan, bukan mesin. Whisk digunakan untuk mengolah adonan yang lebih ringan seperti kocokan putih telur atau saus. Bentuknya bulat, terdiri dari banyak jalinan kawat. Jika akan membeli whisk, pilih yang punya banyak jalinan kawat sehingga adonan semakin berkualitas karena banyak udara yang masuk.

10. Rak Pendingin
Bentuk rak pendingin untuk kue ini biasanya hanya berupa lingkaran atau persegi dengan besi berbentuk garis-garis atau kotak-kotak. Ukurannya macam-macam, mulai dari yang kecil hingga besar sesuaikan kembali dengan kebutuhan.

Rak pendingin ini digunakan untuk manaruh kue yang masih panas supaya cepat dingin. Istilahnya dengan kata lain kue nya diangin-anginkan.

Rak Pendingin Kue

11. Penyendok Es krim (Ice Cream Scoop)
Jangan salah, scoop es krim ini berguna sekali  untuk membuat cup cake, Manfaat  scoop ini adalah menuang adonan dari mangkok ke loyang kue supaya tidak berceceran dan tepat takarannya.  Karena kalau tidak dipakai maka adonan pun bisa berceceran di mana-mana.

Penyedok ice cream

12. Alat Penggilas (Rolling Pin)
Kalau mau membuat adonan yang harus dipipihkan, anda pasti membutuhkan rolling pin ini. Alat ini sangat multifungsi, bisa untuk giling adonan kue, cookies, roti, mie maupun pizza.

Alat Penggiling Kue

13. Kuas Baking
Tentu bukan kuas untuk melukis, ya, melainkan kuas khusus baking yang biasanya berbahan silikon atau nilon halus.

Kuas Baking

Kuas ini sangat bermanfaat jika akan mengoleskan putih atau kuning telur pada adonan yang hendak dipanggang. Kuas ini juga bisa digunakan untuk mengoleskan sirup sebagai garnish pada kue yang sudah jadi. Bayangkan kalau anda mengolesnya dengan sendok, olesannya pasti jadi tidak merata dan berpotensi merusak bentuk kuenya. Dengan kuas baking ini , jadi bisa mengoles seluruh bagian kue sampai ke pinggirannya dengan terlihat rapi dan aman.


Klik Kirim Pesan
Hello. Dengan GUATAKA,
Ada yang bisa dibantu kak?