Aneka Jenis Mixer Untuk Adonan Beserta Fungsinya

Jenis Mixer Untuk Adonan Beserta Fungsinya

Jenis-Jenis Mixer yang perlu kita ketahui
Mengenal aneka jenis mixer agar kita bisa tidak salah pilih untuk memakai atau menggunakannya.

Berikut penjelasan jenis mixer yang sering  digunakan beserta fungsinya

Spiral mixer

1. Whisk Untuk Kue Dalam Jumlah Kecil
Ini merupakan jenis mixer sederhana untuk adonan. Jenis mixer ini cocok digunakan untuk mengaduk adonan kue dalam jumlah sedikit. Terbuat dari bahan kawat tebal namun tepat fleksibel serta memiliki bentuk seperti balon udara. Biasanya mixer ini cocok digunakan untuk pengocok telur, krim ringan dan adonan dalam jumlah yang hanya  sedikit.

Balloon Whisk  Atau Egg Whisk
2. Hand Mixer Yang Kecil Mungil
Mixer jenis ini merupakan mixer modern yang sering ada di dapur ibu ibu . Bagi yang suka bikin kue pasti punya akan lebih seru. Memiliki ukuran kecil hingga sedang tapi tetap pas dipegang di tangan mungil emak-emak atau ibu ibu  yang hobi mengkreasikan resep kue. Hand mixer jauh lebih praktis, ringkas dan fleksibel dari pada stand mixer. Keuntungan lainnya lagi, kita bisa mengatur putaran dan gerakan untuk mengatur adonan secara manual. Tetapi harus hatihati  karena bila memegangnya terlalu lama akan terasa pegal dan bisa terkena cipratan adonan ketika kurang mampu mengontrolnya dengan baik.

3. Coil whisk Atau twirl whisk

Bentuk ujung whisk ini juga menggembung tapi menyerupai sarang lebah. Fungsinya nggak terlalu banyak sih, seringnya digunakan untuk membuat saus atau adonan kue pada wadah kecil menjadi lebih kental dan padat. Cara memakainya juga ditekan ke arah bawah, dan bukan diputar.

4. Stand Mixer
Kalau jenis Mixer ini adalah inovasi dari hand mixer, namanya stand mixer. Seperti menjawab kekurangan hand mixer, Stand Mixer memudahkan kita untuk tidak perlu repot memegangnya saat di pakai. Keuntungannya selain tangan tidak pegal, kita juga bisa tinggal dan si mixer akan otomatis  mengocok adonan sementara kita mengerjakan yang lain.

5. Dough Mixer
Sering disebut dengan horizontal dough mixer. Disebut Horizontal karena mesin ini memang beaternya terletak dalam posisi horizontal dan berputar satu arah. Adonan yang sudah kalis, dikeluarkan dengan cara membuka tutupnya. Biasanya digunakan untuk adonan yang “keras” untuk diaduk menjadi adonan yang kalis. Nah jenis Mixer ini biasanya dipakai untuk mereka yang memiliki usaha bikin mie atau kulit pangsit.

6. Spiral Mixer
Spiral Mixer merupakan jenis pengaduk adonan sistem ganda. Disebut ganda karena tidak hanya beaternya yang berbentuk spiral yang berputar, melainkan mangkuknya pun berputar berlawanan arah sehingga lebih kuat dalam menekan adonan. Karena memiliki pengadukan ganda, maka Spiral Mixer ini akan mengaduk adonan roti yang berat dengan suara mesin yang tentunya lebih halus dan kalis sempurna Jadi, bagi kalian yang ingin usaha bikin roti, bisa banget memiliki jenis mesin mixer  roti buatan Guataka ini.

7. Planetary Mixer
Mixer ini disebut Planetary Mixer karena memiliki sistem adukan yang meniru seperti gerakan rotasi planet mengelilingi matahari. Jadi selain dudukan beater yang berputar, beaternya pun akan juga berputar. Mixer Kitchen Aid selain merupakan standing mixer, dia juga memiliki sistem berputar  seperti planet sehingga bisa disebut juga namanya  Planetary Mixer.


Klik Kirim Pesan
Hello. Dengan GUATAKA,
Ada yang bisa dibantu kak?